Hi, kali ini yang
akan saya bahas yaitu tentang hal yang berhubungan dengan strategi pemasaran
yaitu 4P : Product (P), Price (P), Place (P), Promotion (P). Produk (P) yang
saya pilih untuk saya analisis itu adalah Fitbar.
Deskripsi :
Fitbar adalah snack sehat yang terbuat dari Oat, Quinoa, dan
Whole Wheat yang merupakan sumber serat. Serta Fitbar bebas dari kolesterol,
bebas dari lemak trans, dan memiliki kandungan kalori yang rendah, jauh lebih
rendah dibandingkan snack-snack lainnya.
Keunggulan :
- Rendah Kalori ( 90 kkal/saji ) : tidak meningkatkan berat
badan secara berlebih sehingga cocok dijadikan snack diet.
- Bebas Kolesterol ( 0 mg/saji ) : Untuk menjaga kesehatan
jantung
- Bebas Asam lemak trans ( Trans Fatty Acid ) ( 0 g/saji ) :
Untuk menjaga kesehatan jantung juga
- Terbuat dari Oat, Quinoa, Whole Wheat sebagai sumber serat
: Untuk mejaga kesehatan saluran cerna dan kesehatan jantung.
- Kalsium : Untuk kesehatan tulang dan gigi.
- Vitamin A, B12, dan C : Untuk meningkatkan daya tahan
tubuh.
Varian rasa dari fitbar ini pun bermacam-macam rasanya, ada rasa fruit, nuts dan yang terakhir coklat.
1. Chocolate
2. Fruits
3. Nuts
Disini dapat kita lihat kompetitornya Fitbar ada Soyjoy, Zee,
Koko Krunch. Tapi yang lebih mirip karakteristik untuk snack yang sehat, dapat
kita lihat itu cuma Fitbar sama Soyjoy dari foto diatas, dan pesaing mereka pun
masih belum banyak. Arti pesaing (kompetitor) adalah : bila bisnis/ produk anda
sama dengan bisnis/produk milik orang lain. Varian rasa dari Fitbar ini juga
sangat memperhatikan para konsumen dimana mereka yang sudah nge stuck dengan
snack-snack lainnya dengan rasa coklat contohnya, dan itu pun dapat mereka
nikmati dengan snack Fitbar ini, jadi selain enak ia pun sehat untuk
dikonsumsi.
Setelah membahas produk dari Fitbar ini, mari kita mengarah
ke bagian Price (P) nya, dari foto diatas harga Fitbar ini pun tidak semahal
harga Koko Krunch dan Soyjoy, harga dari Fitbar tersebut dapat dibanderol
dengan harga 5 ribu saja. Yang mengalahkan harga Fitbar diatas adalah harga nya
Zee yang lebih murah seribu dari harga Fitbar, tapi menurut saya harga dari
Fitbar ini sudah cukup murah untuk snack yang berkualitas dan tentunya bergizi,
harga Soyjoy yang memiliki karakteristik yang sama yaitu snack yang sehat pun
harganya lebih mahal 3 ribu. Jadi strategi pemberian harga untuk Fitbar itu
sudah sangat menguntungkan bagi pihak Fitbar kok.
Sasaran/ target market untuk cemilan ini itu 18-25 tahun,
gender nya wanita dan pria, target nya lebih ke orang yang sedang menjalani
program diet, atau pun yang life style atau pola hidup yang lebih mengarah ke
pola hidup sehat.
Tagline dari produk Fitbar ini snacking with no worry, karena fitbar ini adalah snack
yang bebas dari kolesterol, bebas dari lemak trans, dan memiliki kandungan
kalori yang rendah, maka menurut saya tagline nya sangat menjanjikan para
consumer, terbukti dari
komposisi-komposisi yang ada di Fitbar ini. Kini gemuk tidak perlu khawatir
lagi untuk mengkonsumsi cemilan-cemilan yang ada, karena kini ada Fitbar
penggantinya, itu lah inti dari tagline dari Fitbar ini.
Untuk Place (P) dari Fitbar ini pun dapat kita temui di Mini Market (Alfamart, Indomaret, Carefour, Hypermart, Hero, Superindo, dll), dan pembahasan terakhir dari 4P dari Promotion (P) nya itu sendiri adalah melalui iklan TVC, Sosmed, Mall (SPG) dll. untuk sosmed ada di ig,fb , serta website nya sendiri.
Untuk Place (P) dari Fitbar ini pun dapat kita temui di Mini Market (Alfamart, Indomaret, Carefour, Hypermart, Hero, Superindo, dll), dan pembahasan terakhir dari 4P dari Promotion (P) nya itu sendiri adalah melalui iklan TVC, Sosmed, Mall (SPG) dll. untuk sosmed ada di ig,fb , serta website nya sendiri.
Menurut saya cemilan ini dapat bersaing dengan cemilan-cemilan lainnya karena trending anak milenial untuk Life Style jaman sekarang, pada mengarah ke pola hidup sehat, nge gym, vegetarian, yoga, makan atau minum-minuman yang organic gitu, jadi peluang Fitbar kedepan pun akan semakin sukses.
Jadi ini cemilan sehatku, mana cemilan sehatmu?
Sekian dari analisis My Big Fat Competitor untuk Fitbar ini,
Terima Kasih.
Komentar
Posting Komentar