Langsung ke konten utama

My Big Fat Competitor : Fitbar



  Hi, kali ini yang akan saya bahas yaitu tentang hal yang berhubungan dengan strategi pemasaran yaitu 4P : Product (P), Price (P), Place (P), Promotion (P). Produk (P) yang saya pilih untuk saya analisis itu adalah Fitbar.




Deskripsi :
Fitbar adalah snack sehat yang terbuat dari Oat, Quinoa, dan Whole Wheat yang merupakan sumber serat. Serta Fitbar bebas dari kolesterol, bebas dari lemak trans, dan memiliki kandungan kalori yang rendah, jauh lebih rendah dibandingkan snack-snack lainnya.

Keunggulan :
- Rendah Kalori ( 90 kkal/saji ) : tidak meningkatkan berat badan secara berlebih sehingga cocok dijadikan snack diet.
- Bebas Kolesterol ( 0 mg/saji ) : Untuk menjaga kesehatan jantung
- Bebas Asam lemak trans ( Trans Fatty Acid ) ( 0 g/saji ) : Untuk menjaga kesehatan jantung juga
- Terbuat dari Oat, Quinoa, Whole Wheat sebagai sumber serat : Untuk mejaga kesehatan saluran cerna dan kesehatan jantung.
- Kalsium : Untuk kesehatan tulang dan gigi.
- Vitamin A, B12, dan C : Untuk meningkatkan daya tahan tubuh.


Varian rasa dari fitbar ini pun bermacam-macam rasanya, ada  rasa fruit, nuts dan yang terakhir coklat. 

1. Chocolate
2. Fruits

3. Nuts





Disini dapat kita lihat kompetitornya Fitbar ada Soyjoy, Zee, Koko Krunch. Tapi yang lebih mirip karakteristik untuk snack yang sehat, dapat kita lihat itu cuma Fitbar sama Soyjoy dari foto diatas, dan pesaing mereka pun masih belum banyak. Arti pesaing (kompetitor) adalah : bila bisnis/ produk anda sama dengan bisnis/produk milik orang lain. Varian rasa dari Fitbar ini juga sangat memperhatikan para konsumen dimana mereka yang sudah nge stuck dengan snack-snack lainnya dengan rasa coklat contohnya, dan itu pun dapat mereka nikmati dengan snack Fitbar ini, jadi selain enak ia pun sehat untuk dikonsumsi.

Setelah membahas produk dari Fitbar ini, mari kita mengarah ke bagian Price (P) nya, dari foto diatas harga Fitbar ini pun tidak semahal harga Koko Krunch dan Soyjoy, harga dari Fitbar tersebut dapat dibanderol dengan harga 5 ribu saja. Yang mengalahkan harga Fitbar diatas adalah harga nya Zee yang lebih murah seribu dari harga Fitbar, tapi menurut saya harga dari Fitbar ini sudah cukup murah untuk snack yang berkualitas dan tentunya bergizi, harga Soyjoy yang memiliki karakteristik yang sama yaitu snack yang sehat pun harganya lebih mahal 3 ribu. Jadi strategi pemberian harga untuk Fitbar itu sudah sangat menguntungkan bagi pihak Fitbar kok.

Sasaran/ target market untuk cemilan ini itu 18-25 tahun, gender nya wanita dan pria, target nya lebih ke orang yang sedang menjalani program diet, atau pun yang life style atau pola hidup yang lebih mengarah ke pola hidup sehat.

Tagline dari produk Fitbar ini snacking with no worry, karena fitbar ini adalah snack yang bebas dari kolesterol, bebas dari lemak trans, dan memiliki kandungan kalori yang rendah, maka menurut saya tagline nya sangat menjanjikan para consumer, terbukti dari komposisi-komposisi yang ada di Fitbar ini. Kini gemuk tidak perlu khawatir lagi untuk mengkonsumsi cemilan-cemilan yang ada, karena kini ada Fitbar penggantinya, itu lah inti dari tagline dari Fitbar ini.

Untuk Place (P) dari Fitbar ini pun dapat kita temui di Mini Market (Alfamart, Indomaret, Carefour, Hypermart, Hero, Superindo, dll), dan pembahasan terakhir dari 4P dari Promotion (P) nya itu sendiri adalah melalui iklan TVC, Sosmed, Mall (SPG) dll. untuk sosmed ada di ig,fb , serta website nya sendiri.




Menurut saya cemilan ini dapat bersaing dengan cemilan-cemilan lainnya karena trending anak milenial untuk Life Style jaman sekarang, pada mengarah ke pola hidup sehat, nge gym, vegetarian, yoga, makan atau minum-minuman yang organic gitu, jadi peluang Fitbar kedepan pun akan semakin sukses. 


Jadi ini cemilan sehatku, mana cemilan sehatmu?
Sekian dari analisis My Big Fat Competitor untuk Fitbar ini, Terima Kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ELEMEN DAN PRINSIP DESIGN FILM DARI IKLAN TELEVISI

Halo semuanya, kali ini saya akan membahas elemen dan prinsip design yang terdapat pada iklan televisi Baygon-Split Screen 2001, Berikut adalah penjabaran elemen-elemen dan prinsip designnya.   Prinsip Design yang terdapat pada iklan TVC tersebut adalah :  Balance :   Pada iklan ini secara keseluruhan adalah balance symmetrical, dapat dilihat di scene ini, komposisi gambar tersebut diletakkin dalam posisi yang seimbang antara sebelah kiri dan kanan, sesuai dengan judul dari iklan tersebut juga, yaitu Iklan Baygon- Split Screen. sedangkan untuk beberapa scene berikutnya pun terdapat beberapa balance asymmetrical, tetapi secara keseluruhan dari iklan tersebut adalah balance symmetrical. Unity :  Pada iklan ini terlihat unity, dari segi pemberian color grading untuk iklan ini ia memberi warna yang sesuai dengan produk baygon dan juga memakai prinsip analogous colour, yaitu warna hijau ke warna kuning, sehingga secara secara keseluruhan menjadi...

ELEMENTS OF ADVERTISING

Product : Lux Company Name : PT Unilever Indonesia Tbk Purpose : Memberitahukan bahwa LUX dapat memberikan sensasi wangi yang mewah yang tahan lama Audience : seorang wanita muda yang percaya diri dan mempunyai mimpi untuk bisa menjadi cantik seperti bintang, peduli kebersihan, peduli kecantikan, sangat memperhatikan tren. Dengan range usia 25-28 tahun. Headline : Alami Sensasi yang Lebih dari Sebelumnya Image : Terlihat wanita cantik bak bintang yang memakai gaun yang mewah, dan didukung dengan latar belakang (background) kota, yang mendukung visual mewah tersebut. Copy : - Slogan : Tampilkan Pesona Cantikmu Logo : Logo Lux terletak di sebelah kanan atas Iklan print ads Primary Features :            Colors : Iklan print ads ini menggunakan warna  Analogous Colour ( blue violet, violet, red violet )            Value : Value yang digunakan di iklan print ads ini adalah High Contrast Val...